Sesuai dengan visi dan misi program studi, maka kompetensi yang diharapkan dari lulusan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan sesuai dengan profil lulusan dan jenjang KKNI level 9 sebagai berikut:

Kompetensi Utama:

Setelah lulus dari Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan, lulusan mampu menghasilkan temuan ilmiah baru dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu di bidang Kesehatan berdasarkan hasil penelitian dan karya tulis ilmiah, mampu mengembangkan jejaring keilmuan (scientific network) dan mengkomunikasikan secara efektif temuan ilmiah baru yang dihasilkan baik lisan maupun tulisan dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional, serta mampu menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan masyarakat, utamanya permasalahan keilmuan, secara tepat dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.

Kompetensi Pendukung:

Setelah lulus dari Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan, lulusan mampu membangun komunikasi ilmiah yang informatif dan persuasif berbasis bukti ilmiah dan bukti empiris, serta mampu memanfaatkan temuan ilmiah yang dihasilkan dalam bentuk aplikasi praktis untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kompetensi Lainnya:

Setelah lulus dari Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan, lulusan mampu memanfaatkan dan mengembangkan IPTEK secara tepat dalam penelitian ilmiah di bidang Kesehatan.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, dirumuskan beberapa capaian pembelajaran dan sub capaian pembelajaran sebagai berikut:

Capaian Pembelajaran 1:

Lulusan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan  mampu menghasilkan temuan ilmiah baru dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu di bidang Kesehatan berdasarkan hasil penelitian dan karya tulis ilmiah yang bersifat interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin secara benar.

 

Sub capaian pembelajaran (sub learning outcome)

  1. Mampu melakukan pengkajian terhadap masalah keilmuan di bidang Kesehatan secara benar dengan menggunakan pendekatan Ilmu Kesehatan
  2. Mampu melaksanakan penelitian kuantitatif maupun kualitatif dengan menggunakan kaidah yang benar
  3. Mampu menganalisis data penelitian kuantitatif maupun kualitatif secara tepat
  4. Mampu menggunakan IPTEK secara tepat dalam penelitian ilmiah di bidang Kesehatan
  5. Mampu melakukan sintesis dan memanfaatkan berbagai teori atau konsep yang sesuai di bidang Kesehatan
  6. Mampu menghasilkan metode ilmiah, konsep ilmiah, pengetahuan ilmiah, model ilmiah, atau teori baru dalam bidang Ilmu Kesehatan melalui penelitian dan karya tulis ilmiah
  7. Mampu mengembangkan IPTEK dalam penelitian ilmiah di bidang Kesehatan
  8. Mampu memanfaatkan temuan ilmiah yang dihasilkan dalam bentuk aplikasi praktis untuk meningkatkan derajat Kesehatan.

Capaian Pembelajaran 2:

Lulusan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan mampu mengembangkan networking keilmuan (scientific network) dalam lingkup nasional maupun internasional.

  1. Mampu mengembangkan networking dan partnership dalam lingkup nasional ataupun internasional guna mengkomunikasikan temuan ilmiah baru.
  2. Mampu mengembangkan networking dan partnership dalam lingkup nasional ataupun internasional guna memecahkan masalah, khususnya terkait keilmuan di bidang Kesehatan Masyarakat.

Capaian Pembelajaran 3:

Lulusan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan mampu mengkomunikasikan secara efektif temuan ilmiah baru yang dihasilkan baik lisan maupun tulisan dalam lingkup nasional maupun internasional.

  1. Mampu membangun komunikasi ilmiah yang informatif dan persuasif melalui hasil penelitian ilmiah
  2. Mampu melakukan komunikasi berbasis bukti ilmiah dan bukti empiris
  3. Mampu melakukan publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional bereputasi

Capaian Pembelajaran 4:

Lulusan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan mampu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan masyarakat, utamanya permasalahan keilmuan, secara tepat dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.

  1. Mampu melakukan telaah secara kritis berbagai masalah keilmuan di bidang Kesehatan
  2. Mampu melakukan analisis secara kritis (critical analysis), yang didasarkan pada teori dan penelitian ilmiah
  3. Mampu menginterpretasikan dengan benar data kuatitatif dan kualitatif berdasarkan standar keilmuan
  4. Mampu melakukan sintesis informasi dengan benar sesuai konteks permasalahan Kesehatan Masyarakat
  5. Mampu merancang strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah keilmuan di bidang Kesehatan

Capaian Pembelajaran 5:

Lulusan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan mampu memimpin kegiatan penelitian serta pengkajian berkelanjutan di bidang Kesehatan

  1. Mampu menentukan dan mengembangkan paradigma serta kerangka berpikir ilmiah dalam penelitian sesuai kaidah keilmuan di bidang Kesehatan
  2. Mampu memimpin dan menentukan comprehensive roadmap penelitian ilmiah di bidang Kesehatan